Analisis Pengaruh Flash Sale, Influencer Dan Kemudahan Penggunaan Terhadap Keputusan Pembelian Di Tokopedia (Studi Pada Masyarakat Kebumen)
Keywords:
Flash Sale, Influencer, Ease Of Use, Purchase DecisionAbstract
This study aims to ascertain: 1) the impact of flash sales on purchasing decisions at Tokopedia; 2) the influence of influencers on purchasing decisions on Tokopedia; and 3) the effect of user-friendliness on purchasing decisions on Tokopedia. The population under consideration for this research comprises individuals from Kebumen who have engaged in transactions on Tokopedia. Accidental sampling was employed to select a sample of 97 respondents, and data collection involved the use of a questionnaire. Statistical analysis was conducted through multiple linear regression analysis using the SPSS program. The research results show that the variables flash, influencer and ease of use have a positive and significant effect on purchasing decisions, both partially and simultaneously
Downloads
References
Aisyah, S. N., & rosyidi, s. (2023). Pengaruh persepsi harga, customer review, customer rating dan promosi flash sale terhadap keputusan pembelian di shopee. Jurnal kompetitif, vol.12 no.(1), 48–60.
Darwipat, d., syam, a., & marhawati, m. (2020). Pengaruih program flash sale terhadap perilaku impulsive buying konsumen marketplace. Journal of economic education and entrepreneurship studies, 1(2), 58.
Dewi, n. D. (2019). Pengaruh kemudahan, keamanan dan pengalaman pembelian terhadap keputusan pembeliansecara onlinemenggunakan aplikasi shopee (studi kasus mahasiswa fakultas ekonomi universitas maarif hasyim latief sidoarjo). Jurnal ekomaks : jurnal ilmu ekonomi, manajemen, dan akuntansi, 8(1), 25–32.
Dimas, m., naufal, d., nalurita, s., & unsurya, d. M. (2023). Pengaruh promosi dan kemudahan penggunaan aplikasi terhadap keputusan pembelian shopee food pada mahasiswa universitas dirgantara marsekal suryadarma jakarta. Jurnal ilmiah m-progress, 13(1), 23–34.
Dukalang, r., taan, h., & ismail, y. L. (2022). Pengaruh model promosi flash sale dan tagline gratis ongkir terhadap keputusan pembeli di tokopedia. Seiko : journal of management & business, 5(1), 60–76.
Himanto, U., Prasetya, A. Y., Alifia, R., Rifai, A., & Aulia, F. (2023, August). Case Study on eCommerce Blibli: Customer Engagement as a Variable Mediating the Effect of eWom on Purchasing Decisions. In International Conference on Intelligent Networking and Collaborative Systems (pp. 324-335). Cham: Springer Nature Switzerland. https://doi.org/10.1007/978-3-031-40971-4_31
Ilmiyah, k., & krishernawan, i. (2020). Pengaruh ulasan produk, kemudahan, kepercayaan, dan harga teirhadap keputusan pembelian pada marketplace shopee di mojokerto. Maker: jurnal manajemen, 6(1), 31–42.
Isnawati, n. (2020). Pengaruh kemudahan, kualitas pelayanan, dan kepercayaan terhadap keputusan pembelian secara online pada aplikasi instagram di jakarta timur (studi pada pengguna instagram di jakarta timur). Jurnal stei ekonomi, xx(xx), 1–19.
Kotler, p. (2011). Analisis,perencanaan, implementasi dan pengendalian. Salemba empat.
Kotler, p., & keller, k. L. (2016). Marketing manajemen 15th edition.
Nurohman, f., & riptiono, s. (2021). Pengaruh social media influencer terhadap brand image dan attitude yang berdampak pada purchase intention skin mobile legends melalui review di youtube. Jurnal ilmiah mahasiswa manajemen, bisnis dan akuntansi, 3(6), 1080–1092.
Prasetya, A. Y., Ernah, E., & Andanarini, D. (2022). Analisis Pengaruh Religiusitas, Label Halal Dan Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Wardah Di Toko Candra Semarang. Jurnal Ilmu Manajemen dan Akuntansi Terapan (JIMAT), 13(2), 135-145.
Sariyanti siregar, r., rahmat ramadhan, r., manajemen fakultas ekonomi dan bisnis universitas muhammadiyah riau, p., kunci, k., penggunaan, k., hidup konsumen, g., & pembelian, k. (2023). Pada aplikasi shopee (studi pada masyarakat kampar kiri tengah). Jurnal ilmiah mahasiswa merdeka emba, 2(1), 481–491.
Shadrina, r. N., & sulistyanto, y. (2022). Analisis pengaruh content marketing, influencer, dan media sosial teirhadap keputusan pembelian konsumen (studi pada pengguna instagram dan tiktok di kota magelang). Diponegoro journal of management, 11(1), 1–11.
Uyuun, s. N., & dwijayanti, r. (2022). Pengaruh influencer marketing dan brand awareness terhadap keputusan pembelian produk scarlett whitening pada mahasiswa feb unesa. Jempper: jurnal ekonomi, manajemen pariwisata dan perhotelan, 1(2), 164–174.