Analisis Pengaruh, Kesadaran Merek, Pengalaman Merek, Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan Pc Tablet Lenovo
Keywords:
Kesadaran Merek, Pengalaman Merek, Kualitas produk, Kepuasan pelangganAbstract
Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh kesadaran, pengalaman merek,kualitas produk terhadap kepuasan pelanggan ( studi kasus pc tablet Lenovo di GRAHA COMPUTER ) selama periode tahun 2021-2022
Berdasarkan pada data yang telah dikumpulkan dan pengujian yang telah di lakukan dengan menggunakan model regresi linear berganda dan moderated analysis,maka dapat di ambil kesimpulan sebagai berikut:
- Kesadaran merek tidak berpengaruh positif terhadap kepuasan pelanggan.
- Pengalaman merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap .
- Kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan.
Downloads
References
Ariowibowo, S., Safrianto, A. S., Program, D., Manajemen, S., & Ukris, F. E. (n.d.-a). Pengaruh Kesadaran Merek Dan Pengalaman Merek Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Pada Kegiatan Brand Activation Merek Marina) (Vol. 6, Issue 2).
Darmawan, D. (2019). Kualitas Produk, Kesadaran Merek dan Harga serta Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Administrasi Bisnis, 8(2), 75–88. https://doi.org/10.14710/jab.v8i2.25267
topbrand-award.com/top-brand-index/?tbi_year=2021. (2021). penurunan penjualan Pc Tablet Lenovo.
Wibowo, D. U., Yulianto, E., & Sunarti. (2022). Pengaruh Social Media Marketing terhadap Kesadaran Merek, Citra Merek dan Kepuasan Konsumen. Profit: Jurnal Administrasi Bisnis, 16(1), 130–137.
Adil, S ., Asdar, M. (2018). Minat Beli Sebagai Variabel Intervening (Studi pada akun instagram eiwa) the influence of customers involvement and brand trust on decisions of purchase of products through intention to buy as intervienning variabble ( study on eiwa instagram account) . 3. Fakultas, M.,& Universitas, E.
Aeker, D. A. (1997). Bulding strong brands. New York.?:The Free Press.
Alfiyanti, N. E., Setyawan, D., & Kusuma, M. A. (2014). Pengaruh Relaksasi Otot Progresif Terhadap Tingkat Depresi Pada Pasien Gagal Ginjal Kronik Yang Menjalani Hemodialisis Di Unit Hemodialisa RS Telogorejo Semarang. Jurnal Ilmu Keperawatan dan Kebidanan (JIKK) .
Alloza., A. (2008). “Brand Engagement and Brand Experience At BBVA, The Transformation of a 150 years old company”. corporate reputation review, vol. 11. Number 4, S. 371-381.
Ambler Tim. (2002). “Relating Brand and customer perspectives on marketing management”. journal of service research 5.
Ariowibowo, S., Safrianto, A. S., Program, D., Manajemen, S., & Ukris, F. E. (n.d.). Pengaruh Kesadaran Merek Dan Pengalaman Merek Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Pada Kegiatan Brand Activation Merek Marina) (Vol. 6, Issue 2).
Augusty, F. (2006). Metode Penelitian Manajemen: Pedoman Penelitian untuk skripsi, Tesis dan Disertai Ilmu Manajemen. Semarang: Universitas Diponegoro.
Basri. (2014). Metodologi Penelitian Sejarah.
Brakus, j.j., B.H schmit dan zarantonello, L. (2009). Brand Experience?: what is it? how is it measured? does it affect loyalty? journal of marketing, 73:52-68.
Darmawan, D. (2019). Kualitas Produk, Kesadaran Merek dan Harga serta Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Articel, 8(2), 75–88. https://doi.org/10.14710/jab.v8i2.25267
Ekh, A and A., Z. D. (2017). “The impact of brand awaraness on re-purchase intention of customers with trilogy of emotions approsch (case study for cell phones)”. applied mathematics in Engineering, Management and Tecnology. 3.4 (2015):25-30.
Ghozali. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan program SPSS. Edisi Keempat. (Ke empat).
Halin, H. (2018). EcoMent Global 167. Hamid Halin, 3, 167–182.
Harahap, R. (2017). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan Di Restoran Cepat Saji KFC Cabang Asia Mega Mas Medan. Manajemen Tools, 7(1), 77–84.
Heri, H. (2017). Analisis the The Effect of Service Quality, Customer Velue, Customer Satisfaction and Customer Trust on Corporate Image. Jurnal of Business and Management., 19(6).
Himanto, U., Prasetya, A. Y., Alifia, R., Rifai, A., & Aulia, F. (2023, August). Case Study on eCommerce Blibli: Customer Engagement as a Variable Mediating the Effect of eWom on Purchasing Decisions. In International Conference on Intelligent Networking and Collaborative Systems (pp. 324-335). Cham: Springer Nature Switzerland. https://doi.org/10.1007/978-3-031-40971-4_31
Hutasoit. (2011). Pelayanan Publik. MgnaScript Publishing.
Kalangi, J. A. F., & Rogahang, J. J. (2015). Konsumenpada Pt Jumbo Swalayan Manado. Ekonomi Dan Bisnis, 1–10.
Keller, K. L. (2007). Strategic Brand Managemen: Building, Measuring, and Managing Brand Equity. (3rd Editio).
Kotler, Phillip dan Armstrong, G. (2016). Principles of marketing, 17th Edition pearson education limited, united kingdom, CM20 2JE.
Kotler & Keller. (2016). Marketing Management 15 Global Edition.
Kotler, P. dan K. L. K. (2016). Manajemen Pemasaran (edisi 12 J).
Leonard, A., Sutomo, M., & Farid. (2018). Pengaruh Pengalaman Merek Dan Citra Merek Terhadap Kepuasan Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Tadulako Menggunakan Beauty Balm (Bb) Cream Wardah. Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako (JIMUT), 4(2), 185–190. https://doi.org/10.22487/jimut.v4i2.119
Muhamad Iqbal Azhari Dahlan Fanani M. Kholid Mawardi. (2015). Pengaruh Customer Experience Terhadap Kepuasan Pelanggan Dan Loyalitas Pelanggan (Survei Pada Pelanggan Kfc Kawi Malang). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 28(1), 143–148.
Putro, Shandy Widjoyo., et al. (2014). Pengaruh Kualitas Layanan dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan dan Loyalitas Konsumen Restoran Happy Garden Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran vol.2 no.1 Tahun 2014.
Prasetya, A. Y., Ernah, E., & Andanarini, D. (2022). Analisis Pengaruh Religiusitas, Label Halal Dan Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Wardah Di Toko Candra Semarang. Jurnal Ilmu Manajemen dan Akuntansi Terapan (JIMAT), 13(2), 135-145.
Sari, S., Syamsuddin, S., & Syahrul, S. (2021). Analisis Brand Awareness Dan Pengaruhnya Terhadap Buying Decision Mobil Toyota Calya Di Makassar. Journal of Business Administration (JBA), 1(1), 37. https://doi.org/10.31963/jba.v1i1.2678
Setyo, P. E. (2017). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen “Best Autoworks.” PERFORMA: Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis, 1(6), 755–764.
Singarimbun, M. dan S. E. (2006). Metode Penelitian Survei ( Editor ),LP3ES, Jakarta.
Soelasih., L. dan Y. (2014). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Lingkungan Fisik Perusahaan Kue Lapis Legit XYZ Terhadap Kepuasan Konsumen Dalam Membangun Word of Mouth Positif. Jurnal Manajemen vol.11 no.1 Mei 2014.
Sugiyono. (2006). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Bandung?: Alfabeta.
Supranto. (2018). Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan Untuk Menaikkan Pangsa Pasar, Cetakan keempat, Penerbit PT Rineka Cipta, Jakarta.
Susanti, D. (2017). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Minat Konsumen Dalam Membeli Produk Tupperware Pada Perumahan Griya Tika Utama Pekanbaru. Menara Ekonomi, 3(5), 1–10. jurnal.umsb.ac.id
Winadi, j. s. (2017). Hubungan word of mouth dengan brand awareness teh kotak kotak. jurnal E komunikasi, (online), 5 (1).