PENGARUH METODE MARKETING ONLINE DAN OFFLINE TERHADAP PENINGKATAN OMSET UMKM PADA SITUASI PANDEMI COVID-19

  • Gustyana Indrasmitha Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Totalwin
  • Irawan Yuswono
  • Sari Rahmadhani

Abstract

Penelitian ini terkait dengan situasi pandemi covid-19 yang melanda Indonesia, membuat UMKM melakukan perubahan cara penjualan. UMKM melakukan upaya dengan metode pemasaran untuk memecahkan masalah. Cara pemasaran harus sesuai dengan kondisi masyarakat yang terkena dampak. Penelitian ini mengkaji penggunaan metode pemasaran offline dan pemasaran online apakah dapat meningkatkan penjualan. Objek penelitian ini adalah responden yang berasal dari konsumen UMKM di toko buah Pak Desaya. Dimana UKM yang bergerak di bidang pemasaran sayur dan buah mengalami penurunan omzet penjualan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemasaran offline dapat berpengaruh positif terhadap peningkatan omset penjualan. Pemasaran offline menciptakan nilai bagi pelanggannya dan membangun hubungan pelanggan yang baik dan mengambil nilai lebih dari tanggapan pelanggan sebagai imbalannya. Demikian juga pemasaran online berdampak positif terhadap peningkatan omset, karena mampu membangun dan menjaga hubungan dengan pelanggan. Kegiatan penjualan online dapat memfasilitasi pertukaran ide, produk, dan layanan yang dapat memuaskan konsumen

Author Biography

Gustyana Indrasmitha, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Totalwin

This research is related to the situation of the covid-19 pandemic that hit Indonesia, making MSMEs make changes to their sales methods. MSMEs make efforts with marketing methods to solve problems. Marketing methods must be in accordance with the conditions of the people who are being affected. This study examines the use of offline marketing methods and online marketing whether it can increase sales. The object of this research is respondents who come from MSME consumers at the Pak Desaya fruit shop. Where SMEs engaged in the marketing of vegetables and fruit have experienced a decline in sales turnover. The results show that offline marketing can have a positive positive effect on increasing sales turnover. Offline marketing creates value for its customers and builds good customer relationships and takes more value from customer response in return. Likewise, online marketing has a positive impact on increasing turnover, because it is able to build and maintain relationships with customers. Online sales activities can facilitate the exchange of ideas, products, and services that can satisfy consumers.

Published
2022-05-28
How to Cite
INDRASMITHA, Gustyana; YUSWONO, Irawan; RAHMADHANI, Sari. PENGARUH METODE MARKETING ONLINE DAN OFFLINE TERHADAP PENINGKATAN OMSET UMKM PADA SITUASI PANDEMI COVID-19. Jurnal Ilmu Manajemen dan Akuntansi Terapan (JIMAT), [S.l.], v. 13, n. 1, p. 95 - 104, may 2022. ISSN 2656-4440. Available at: <http://jurnal.stietotalwin.ac.id/index.php/jimat/article/view/403>. Date accessed: 09 dec. 2022. doi: https://doi.org/10.36694/jimat.v13i1.403.