PENGARUH METODE MARKETING ONLINE DAN OFFLINE TERHADAP PENINGKATAN OMSET UMKM PADA SITUASI PANDEMI COVID-19

  • Gustyana Indrasmitha Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Totalwin
  • Irawan Yuswono
  • Sari Rahmadhani

Abstract

Penelitian ini terkait dengan situasi pandemi covid-19 yang melanda Indonesia, membuat UMKM melakukan perubahan cara penjualan. UMKM melakukan upaya dengan metode pemasaran untuk memecahkan masalah. Cara pemasaran harus sesuai dengan kondisi masyarakat yang terkena dampak. Penelitian ini mengkaji penggunaan metode pemasaran offline dan pemasaran online apakah dapat meningkatkan penjualan. Objek penelitian ini adalah responden yang berasal dari konsumen UMKM di toko buah Pak Desaya. Dimana UKM yang bergerak di bidang pemasaran sayur dan buah mengalami penurunan omzet penjualan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemasaran offline dapat berpengaruh positif terhadap peningkatan omset penjualan. Pemasaran offline menciptakan nilai bagi pelanggannya dan membangun hubungan pelanggan yang baik dan mengambil nilai lebih dari tanggapan pelanggan sebagai imbalannya. Demikian juga pemasaran online berdampak positif terhadap peningkatan omset, karena mampu membangun dan menjaga hubungan dengan pelanggan. Kegiatan penjualan online dapat memfasilitasi pertukaran ide, produk, dan layanan yang dapat memuaskan konsumen

Published
May 28, 2022
How to Cite
INDRASMITHA, Gustyana; YUSWONO, Irawan; RAHMADHANI, Sari. PENGARUH METODE MARKETING ONLINE DAN OFFLINE TERHADAP PENINGKATAN OMSET UMKM PADA SITUASI PANDEMI COVID-19. Jurnal Ilmu Manajemen dan Akuntansi Terapan (JIMAT), [S.l.], v. 13, n. 1, p. 95 - 104, may 2022. ISSN 2656-4440. Available at: <http://jurnal.stietotalwin.ac.id/index.php/jimat/article/view/403>. Date accessed: 30 sep. 2023. doi: http://dx.doi.org/10.36694/jimat.v13i1.403.