TY - JOUR AU - Wahyono, Eko Hadi PY - 2021/08/15/ TI - PENGEMBANGAN KEMITRAAN DENGAN PERMODELAN SISTEM ARCHETYPE DALAM UPAYA PENINGKATAN LEVERAGE USAHA UMKM TAHU TEMPE DI KOTA SEMARANG JF - Jurnal Ilmu Manajemen dan Akuntansi Terapan (JIMAT); Vol 12 No 2 (2021): Edisi Khusus Dies Natalis Merdeka , Jurnal Ilmu Manajemen dan Akuntansi Terapan (JIMAT)DO - 10.36694/jimat.v12i2.308 KW - N2 - Dalam perkembangannya banyak UMKM mengalami permasalahan diantaranya adalah  program kemitraan yang salah satu fungsinya adalah untuk menghindarkan terjadinya monopoli dalam usaha. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi a lingkungan internal yang menjadi kekuatan dan kelemahan serta lingkungan eksternal yang menjadi peluang dan ancaman kemudian merumuskan alternatif strategi yang dapat diterapkan untuk dikaitkan dengan Program Kemitraan pada UMKM tahu Selanjutnya. Penelitian ini dapat diringkas dalam pertanyaan umum sebagai berikut Bagaimanakah struktur hubungan antar unsur yang saling mempengaruhi pada UMKM Tahu-tempe dan Bagaimanakah leverage dari masing-masing model Systems Archetype dalam Kemitraan UMKM dan juga menggunakan Matrik Internal (IFE)  dan Matriks External (EFE) penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan systems thinking yang dipercaya mampu menjawab persoalan bisnis UMKM secara utuh. Dari perhitungan data EFAS dan IFAS diatas, terlihat bahwa posisi perusahaan saat ini berada pada kuadran I koordinat (1,946 ; 1,395) yaitu kuadran expension (growth) yakni Diharapkan UMKM tahu dan tempe ini mampu menjaga dan mempertahankan Strategi serta mampu penetrasi pasar dan pengembangan produk. Berdasarkan hasil proses simulasi model dengan Systems Casual Leverage Loop  diperoleh beberapa struktur hubungan antar unsur yang saling mempengaruhi pada UMKM dengan Pihak Mitra yang diharapkan yakni Mitra berasal dari perusahaan besar yang mempunyai scope industri baik di wilayah rantai niaga Tahu – tempe dan bahkan industry Impor kedelai. Sementara dilihat dari hasil struktur Kemitraan terbangun dari tiga sisi yakni sebagai berikut Perspektif Informasi Usaha, Perspektif Kompetensi Usaha dan Perspektif Akses Usaha UR - http://jurnal.stietotalwin.ac.id/index.php/jimat/article/view?path=